Setiap muslimah pasti selalu menginginkan kecantikan fisik. Tetapi, kecantikan dari dalam diri atau yang sering disebut inner beauty adalah hal yang lebih penting daripada kecantikan fisik. Karena, apa gunanya seorang muslimah cantik fisik tetapi tidak memiliki akhlak yang terpuji. Atau apa gunanya cantik fisik tetapi dibenci oleh orang-orang sekitar karena sikap atau perilakunya yang tidak baik. Karena itu, kecantikan dari dalam diri itu memang lebih diutamakan untuk menjaga citra atau nama baik seorang muslimah.

Menjaga kecantikan dari dalam diri berarti menjaga juga etika dan budi pekerti baik, serta menggunakan anggota tubuh untuk hal-hal yang baik atau positif berdasarkan sudut pandang dan syariat Islam yang diajarkan atau yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Sebagai contoh, bibir yang indah tak hanya indah menarik secara fisik, tetapi juga menggunakan penuturan kata-kata yang baik dan ucapan yang santun. Tutur kata santun dan ucapan yang baik memberi kesan yang mendalam bagi orang lain.

seorang muslimah yang baik akan meninggalkan perkataan-perkataan yang tidak bermanfaat🙂

Termasuk dalam hal ini adalah menjauhi perbuatan ghibah yang berkaitan erat dengan lisan yang mudah bergerak dan berbicara. Maka kita sebagai para muslimah memperhatikan apa-apa yang diucapkan. Jangan sampai terjatuh dalam perbuatan ghibah yang tercela. Bila setiap wanita muslim bisa menjaga ucapannya untuk tidak mengganggu atau menyakiti perasaan orang lain, insya Allah mereka akan menjadi seorang muslimah sejati.

Kecantikan sejati seorang muslimah tidak hanya terletak pada keindahan fisik atau kemewahan pakaiannya. Kecantikannya sangat dipengaruhi dari perilaku dan ketaatannya kepada Allah dan Rasulullah. Kecantikan sebenarnya direfleksikan dalam jiwa.