Bau badanadalah problem kesehatan yang menjadi hal yang membuat gelisah seseorang apabila harus berhubungan dengan orang lain. Hal tersebut bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri aleas minder dalam melakukan aktivitas terutama apabila aktivitas kita selalu berkomunikasi dengan lain. Maka solusi yang biasa kita lakukan adalah dengan membeli penghilang bau yang banyak tersebar di pasaran. Padahal belum tentu bahan tersebut aman untuk badan kita terutama kulit.Dalam kesempatan ini saya akan posting info kesehatan berkaitan dengan beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau badan kita. Silahkan simak dan semoga manfaat.

1. Daun Bluntas

Di depan rumah tempat saya tinggal ada daun bluntas. Saya sering minum air perasan daun bluntas bila tekanan darah saya tinggi. Tapi tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir ini bisa juga menghilangkan bau badan. Karena daun dan bunga bluntas memiliki kandungan alkali yang berfungsi sebagai antiseptic. Daun bluntas memiliki kandungan kimia antara lain, kalsium, lemak, besi, fosfor, vitamin A dan C, dan amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin)

Aturan atau Cara Pakai sebagai berikut: Bisa dikonsumsi menjadi lalap mentah atau dikukus. Boleh juga minum airnya setelah direbus.

Ada Efek samping Daun Bluntas :

dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

2. Daun Sirih

Tahu daun sirih ? Kita tahu Daun sirih sudah lama terkenal memiliki khasiat sebagai antiseptic. Daun sirih juga memiliki kandunganzat-zat aktif yang dapat “membasmi” bau badan yang penyebabnya adalah jamur dan bakteri. Di dalam daun sirih Mengandung zat kimia di dalam minyak atsirinya : antara lain zat samak, kavikol, kadinen, seneol, eugeol, dan karvakol.

Adapu  aturan pakainya adalah sebagai berikut : Rendam beberapa helai daun sirih ke dalam air panas. Setelah dingin air rendaman daun sirih tersebut diminum. Bisa juga dengan cara daun sirih ditumbuk halus bersama kapur sirih dan dioleskan di ketiak yang berbau.

3. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan antiseptic. Cara pakainya untuk menghilangkan bau badan adalah : Daun kemangi dilalap mentah. Kalau di sea food biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.

Efek samping Daun kemangi :

Dapat meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.

4. Rimpang Temulawak

Rimpang Temulawak memiliki Kandungan kimia antara lain : minyak atsiri, sapomin, flavioinoida.

Aturan dan cara pakai : Rebusan rimpang temulawak diminum setelah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh tubuh hingga mengering.

5. Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.)

Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.) memiliki Kandungan polifenol Sapomin, dan flavoinoida.
Aturan dan Cara Pakai : Masak daun muda dan bunga dan makan sebagai teman lauk. Di beberapa daerah Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.) dimasak sebgai sayur lodeh.

6. Jeruk Nipis

Cara pakai : Air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak

 7. Jeruk Purut

Adapun Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya

8. Ketimun / mentimun (Cucumis sativus)

Aturan pakai : Gosokkan Sari buah ketimun muda ke ketiak setiap selesai mandi.

9. Jahe (zingiber Officinale)

Mayoritas orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual.

Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe

Demikian Beberapa Tanaman yang dapat menghilangkan Bau Badan abda. Semoga informasi di atas akan bermanfaat untuk anda.
About these ads